Kamis, 18 April 2013

Ulat jenis apa ini?



Kalau dilihat sekilas sih, tampak seperti patahan ranting yang kecil.
Tapi, coba lihat lebih teliti lagi. ..  ternyata ada bulu-bulu tipis di sekitar kepala dan ekornya, dan tampak seperti seekor binatang berjenis ulat, disebelahnya merupakan foto pada saat ulat tersebut bergerak (sayang sekali saya masih amatiran dalam penggunaan camdig, jadi gambar yang dihasilkan sedikit blur).

Pertama kalinya saya melihat ulat seperti ini, kurang tau jenis apa. Karena tidak seperti kebanyakan jenis ulat yang biasanya disekitar tubuhnya hampir seluruhnya ditumbuhi bulu-bulu. Ulat ini saya temukan di Gunung Puntang di sela-sela istirahat saya dan teman-teman saat survei lokasi camping. Saya begitu terkejut pada saat sedang menggambar sketsa lokasi di tanah, saya melihat sepotong ranting yang bergerak, kemudian saya mendekatinya dan memperhatikannya. Ooh ini ulat toh . . . cara bergeraknya juga beda dari ulat lainnya yang bergerak seluruh badannya karena ulat yang lainnya mempunyai alat gerak (kaki) di semua bagian perut bawahnya. Tetapi, ulat ini hanya bergerak dengan menggunakan badan bagian depan dan belakang, karena alat geraknya berada hanya di bagian depan dan belakang saja, jadi di bagian tengah badannya tidak ada alat gerak. Karena itu, langkah yang dihasilkannya juga mempunyai jarak yang jauh lebih panjang dari pada langkah ulat-ulat lainnya, selain itu dia juga bergerak cepat (mungkin karena langsing kali yaa, kan kebanyakan ulat itu gemuk).

0 komentar:

Posting Komentar